Minggu, 10 November 2019

Cara Mengatasi HP Android Sering Restart Sendiri

Tentunya kalian tak asing lagi mendengar kata smartphone apalagi tentang android. Tak disangka-sangka perkembangan jaman saat ini sungguh luar biasa. Teknologi jaman sekarang sudah sangat canggih, dapat dilihat sekarang ini ponsel-ponsel banyak berdatangan dengan fitur yang bermacam-macam. Tak jarang masyarakat yang menggunakan smartphone dalam kehidupan sehari-hari. Menurut mereka pada era ini smartphone sangat penting bagi hidupnya, karena jika tidak ada smartphone ini komunikasi pun tidak bisa berjalan dengan baik.perlu diketahui juga smartphone android terus melakukan inovasi yang sangat pesat perkembanganya, dan para penggunanya pun banyak di seluruh dunia ini. Semakin hari semakin canggih dan sempurna dari para produsen seperti ponsel smartphone nyaris sempurna, akan tetapi anda sebagai pengguna android pasti saja pernah merasakan smartphone anda tiba-tiba mengalami restart bukan? Bagaimana Cara Mengatasi HP Android Sering Restart Sendiri dan kenapa bisa terjadi seperti ini? mungkin saja smartphone anda terdapati virus atau malware.
 
Virus atau malware yang terdapat pada smartphone ini dapat berakibat buruk, karena smartphone anda akan terus menerus mengalami restart dan bahkan sampai mengalami bootloop. Selain itu kinerja ponsel akan menjadi lamban, hal ini diakibatkan karena sampah cache yang penuh. Banyak hal yang dapat menyebabkan restart sendiri pada hp atau smartphone kita ini, ada yang masalah hardware dan juga ada karena masalah software. Lalu bagaimana untuk mengatasi hp android yang restart sendiri akibat dari virus-virus nakal tersebut? Hp android sering restart sendiri biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti overheat, cache yang menumpuk, RAM penuh, aplikasi berat  atau bisa jadi karena Virus.

Cara Mengatasi HP Android Sering Restart Sendiri



Untuk itu sebelum kita mengetahui informasi bagaimana cara untuk mengatasinya, kita harus mengetahui bagiaman cara agar virus-virus nakal tersebut tidak datang menyerang. Berikut ini agar smartphone anda terhindar dari virus.

Hal pertama yang dapat dilakukan yaitu dengan cara pengapusan secara berkala pada sampah cache setiap menggunakan ponsel.
  1.  Jangan sering menggunakan bluetooth dengan ponsel lain atau mengunduh aplikasi melalui browser.
  2. Akibat dari adanya virus-virus tersebut,kebanyakan para pengguna android akan melakukan Reset pada ponselnya atau menginstall aplikasi anti virus untuk mengatasi virus-virus yang nakal tersebut. 

Sebenarnya masih banyak sekali penyebabnya mengapa HP menjadi mati sendiri seperti:
  •     Overload Memory Ram Dan GPU
  •     Overheat (Suhu Panas Yang Berlebihan)
  •     Usia HP Yang Sudah Terlalu Jadul
  •     Terserang Virus
  •     Crash Software
  •     Dan lain-lain
Itu adalah masalah-masalah umum yang dapat mengakibatkan terjadinya HP restart sendiri atau mati,

Untuk metode kali ini kami menggunakan factory reset, adapaun caranya Anda bisa lihat dengan sebagai berikut ini:
  • Sebelum kita mengetahui langkah-langkahnya, terlebih dahulu kita harus memeriksa baterai dan pastikan baterai smartphone anda ada 70%, karena untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.
  • Langkah pertama yang dilakukan yaitu dengan matikan smartphone android milik anda.
  • Langkah selanjutnya yaitu menekan dan juga tahan tombol  HOME + Volume Up + Power dengan bersamaan.
  • Kemudian pilih Volume Up untuk dipakai dalam memilih menu “Factory reset atau juga wipe data”.
  • Setelah itu silahkan tekan tombol Home untuk mengawali melakukan proses reset.Kemudian tunggu sebentar saja hingga prosesnya selesai.
  • Setelah selesai, lalu pilih kembali menu Reboot System Now.
  • Dan selesai, Anda sudah berhasil mengatasi ini.

Atau dapat pula dengan cara berikut ini :
  • Pertama, buka menu setting atau pengaturan pada hp android anda.
  • Kemudian cari menu backup and reset dan klik factory data reset. Centang yang dianggap benar dan klik reset device.
  • Tunggu prosesnya beberapa menit hingga selesai.
  • Setelah selesai, android akan merestart sendiri. 
Untuk melakukan cara ini saya sarankan untuk memindahkan semua data kalian dulu ke memori eksternal karena semua data baik itu berupa foto; kontak; lagu; dan file lainnya yang ada di memori internal akan diformat dan dihapus semua.

Pastikan kamu mengetahui kemampuan atau kinerja smartphone kamu, apakah bisa digunakan dalam jangka waktu yang singkat atau lama. Dengan melihat spesifikasi pada smartphone kita pastinya kita dapat mengetahui batas kemampuan smartphone tersebut saat dipakai untuk berinternet, bermain game atau aktifitas lainnya.

Usahakan juga setiap penggunaan HP tersebut menghabiskan baterai 15% cobalah untuk mengistirahatkannya (matikan layar/mode siaga) sebentar dalam waktu 5-10 menit supaya suhu CPU pada perangkat tersebut kembali normal.

Itulah beberapa langkah guna mengatasi android yang sering restart sendiri. Semoga informasi tersebut dapat berguna dan bermanfaat ya. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar